Jumat, 14 November 2014

Google Rilis Aplikasi Pengganti SMS

Gaplek News - Google mengalami dualisme dalam menyediakan aplikasi pesan instan. Setelah memiliki Hangouts, kini Google meluncurkan aplikasi serupa yang diberi nama Messenger.

Aplikasi Messenger telah tersedia di Google Play Store pada Kamis (13/11). Ia hadir dengan tampilan yang sesuai dengan kaidah Material Design di sistem operasi Android versi 5.0 (Lollipop).

Selain sebagai pesan instan, Messenger juga bisa dipakai sebagai pengelola SMS dan MMS di ponsel Android, lalu bisa pula dimanfaatkan untuk Google Voice.

Yang menarik, Messenger menyediakan fitur pengarsipan, memblokir pesan SMS, dan memberi nada dering khusus untuk kontak tertentu.

Tak semua ponsel Android dapat memasangnya. Hanya ponsel Android bersistem operasi versi 4.1 (Ice Cream Sandwich) atau versi lebih baru yang bisa dipasangkan Messenger.

Messenger nampaknya akan memakan eksistensi Hangouts. Google sendiri belum mengumumkan pasti soal nasib Hangouts.

Saat ini, pangsa pasar pesan instan masih dikuasai oleh WhatsApp yang memiliki sekitar 600 juta pengguna aktif. Facebook, yang memiliki aplikasi Facebook Messenger, mengklaim telah memiliki 500 juta pengguna pada November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week