Kamis, 30 Oktober 2014

Mozilla Webmaker, Aplikasi Alternatif Membuat Web

GaplekNews - Mozilla dikabarkan tengah mengembangkan sebuah aplikasi untuk iOS dan Android yang memungkinkan pengguna smartphone untuk membuat dan berbagi aplikasiweb dengan mudah.

Aplikasi tersebut akan dinamakan Webmaker dan saat ini masih dalam pengembangan.

Rencananya aplikasi ini baru akan dirilis pada awal 2015 mendatang. Andrew Sliwinski dari Mozilla sendiri telah memberikan bocoran melalui sebuah demonstrasi melalui TheNextWeb.

Home feed aplikasi ini menawarkan serangkaian template untuk berbagai profesi, seperti guru, ahli medis, jurnalis dan pemilik bisnis kecil. Pengguna dapat menyesuaikannya dengan Webmaker 'blocks' dimana disertakan teks, form, geolocation, dan lainnya.

Webmaker menyediakan apapun yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi web yang sederhana namun kaya fitur.

Sebagian besar tool Webmaker dirancang khusus untuk browser pada desktop. Misalnya X-Ray Goggles yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan situs dan webpage favorit seperti mengubah teks, image maupun elemen.

Tools ini tersedia secara gratis. Namun dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, tentunya dibutuhkan resource untuk mobile yang juga besar.

Aplikasi Webmaker diharapkan dapat diluncurkan secara simultan untuk Android dan Firefox OS pada tahun depan.

Prototype untuk aplikasi iOS sendiri telah tersedia, namun masih belum diinformasikan kapan akan resmi tersedia untuk diunduh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week