Rabu, 08 Oktober 2014

Facebook segera luncurkan aplikasi chatting khusus untuk gosip?

GaplekNews - Beberapa hari yang lalu, Facebook telah menyelesaikan tanggungan 'utang' mereka saat membeli WhatsApp dengan harga triliunan rupiah. Ternyata perusahaan pemilik jejaring sosial terbesar di dunia tersebut belum puas. Mereka berminat menembak sektor yang sampai saat masih jarang dieksploitasi oleh rival-rival mereka, dunia chatting anonim.

Seperti dikabarkan oleh Daily Mail (07/10), Facebook berencana meluncurkan sebuah aplikasi chatting yang jauh lebih rahasia ketimbang WhatsApp atau Facebook Messenger. Aplikasi chatting berkonsep 'anonymous' tersebut memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa harus menggunakan nama asli mereka. Alhasil, kegiatan gosip dapat dilakukan dengan lebih 'nyaman'.

Menurut sumber dari New York Times, aplikasi ini nantinya berdiri sendiri seperti WhatsApp dan tidak terhubung dengan Facebook. Sayangnya, cara pakai dari aplikasi chatting tersebut masih dirahasiakan.

Proyek aplikasi chatting anonim ini kabarnya dipimpin oleh product manajer dari Facebook, Josh Miller. Sebelum bergabung dengan Facebook, Miller adalah pendiri dari sebuah start-up yang menaungi forum-forum diskusi internet dalam skala kecil. Miller dan timnya diketahui memulai pembuatan aplikasi chatting ini sejak tahun lalu.

Pembuatan aplikasi chatting anonim ini dipercaya sebagai upaya untuk memperluas cakupan layanan komunikasi online Facebook. Sebelumnya, Facebook memang kerap terseret kasus-kasus yang berhubungan dengan penggunaan nama asli di jejaring sosial mereka. Banyak pihak yang mengkritik kebijakan perusahaan Mark Zuckerberg terkait kewajiban pemakaian nama asli di Facebook. Hal yang juga pernah terjadi pada Google+.

"Dengan membedakan Facebook dengan layanan internet lain yang bersifat pseudonim dan anonim, kami mengikuti norma sosial yang ada," ungkap Chris Cox, chief product dari Facebook.

Oleh sebab itu, banyak yang menyambut gembira kabar peluncuran aplikasi chatting anonim ini. Kini banyak pengguna jejaring sosial dapat berinteraksi dengan lebih bebas dan aman tanpa perlu takut melanggar aturan-aturan privasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week