Selasa, 08 Juli 2014

Masa Depan Google di Mata Dua Orang Pendirinya



GaplekNews- Dua orang pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin belum lama ini duduk bersama dengan seorang miliarder, Vinod Khosla yang juga pemilik Khosla Ventures untuk melakukan sebuah wawancara yang berdurasi cukup panjang. Dalam diskusi santai dan informal kurang lebih selama 40 menit ini, baik Larry maupun Sergey lebih banyak menceritakan perjalanan awal mendirikan perusahaan, proyek yang saat ini dikembangkan dan masa depan Google.
 
Dari The Verge, Larry dan Sergey jarang bisa tampil bersama dalam satu panggung. Tentunya, ini adalah sebuah kesempatan yang menarik untuk mengetahui lebih banyak perjalanan Google mulai dari awal hingga di masa yang akan datang. Khosla, selaku moderator dalam diskusi ini memulai pembicaraan dengan menyinggung pembatalan Google menjual mesin pencari Excite pada tahun 1999.
 
Khosla, yang juga membantu pendanaan Sun Microsystem adalah seorang investor di Excite pada saat itu. Larry dan Sergey mengatakan bahwa mereka akhirnya menarik diri dari kesepakatan karena tidak ada kesesuaian harga yang ditawarkan. Selain itu, Excite juga tidak memiliki "passion" sebagai mesin pencari yang akhirnya perusahaan melahirkan Google.
 
Lima belas tahun kemudian, perusahaan ini tumbuh begitu besar sehingga mereka berdua, Larry dan Sergey memiliki pertanyaan besar, yaitu apa peran Google saat ini dan di masa depan. Dalam diskusi tersebut, Larry juga mengatakan bahwa ia masih berpikir banyak orang menghabiskan waktunya lebih lama di depan komputer namun tidak bisa menemukan informasi yang diinginkannya begitu cepat.
 
"Inilah tugas utama Google untuk segera memperbaikan masalah tersebut. Dari sinilah, kami berupaya untuk mengembangkan sebuah mesin pencari yang dapat secara optimal membantu para pengguna komputer. Hingga akhirnya, perusahaan dapat dengan cepat merespon untuk melahirkan Google Now," ujar Larry.
 
Upaya yang dilakukan oleh Larry dan Sergey di Google terus berkelanjutan. Tidak hanya sebagai perusahaan yang sukses di teknologi mesin pencari, kini perusahaan juga memiliki berbagai proyek inovasi yang terus dikembangkan. Proyek-proyek tersebut antara lain pembangunan infrastruktur jaringan internet lewat balon udara, lensa kontak yang memiliki kemampuan untuk mengukur tekanan darah dan proyek yang tidak kalah ambisius adalah self-driving cars.
 
Sergey yang dipercaya sebagai kepala departemen Google X juga bertanggung jawab untuk mengelola seluruh proyek tersebut. Berbicara proyek self-driving cars, Google telah menunjukkan teknologi tersebut ke publik belum lama ini. Sergey mengatakan bahwa Google mungkin akan sedikit mengubah desain mobil yang pernah diperlihatkannya.
 
Larry dan Sergey juga diminta pendapatnya tentang masa depan Google. Keduanya menjelaskan bahwa Google sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi telah mengalami kemajuan dibidang kecerdasan buatan. Untuk membuktikannya, mereka menunjukkan kemampuan proyek self-driving cars yang telah menggunakan teknologi yang bisa "melihat" dan beradaptasi dengan dunia disekitarnya.
 
Menjelang akhir wawancara, keduanya ingin mengubah perhatian kepada masayarakat luas lewat perusahaan yang berhasil dikembangkannya. Page mengatakan bahwa itu tidaklah sulit bagi kita untuk memberikan kebahagian untuk semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week