Sabtu, 02 Mei 2015

Cara dan Langkah Menambah RAM Smartphone Android

GaplekNews - Smartphone Android saat ini sangat banyak kita jumpai, karena produses ponsel yang memproduksi smartphone Android juga sangat banyak dan saling bersaing dalam meluncurkan sebuah hp Android. Smartphone Android juga sangat banyak digunakan oleh para pecinta gadget dari smartphone Android dengan banderol harga murah, menengah hingga smartphone premium. Namun pada ulasan kali ini tidak akan dibahas mengenai macam ataupun harga smartphone Android, tapi disini akan dibahas seputartips dan cara menambah RAM di smartphone Android.

RAM (Random Access Memory) akan selalu ada pada setiap smartphone, entah smartphone Android ataupun platform lain dan juga pada komputer. RAM pada Android memiliki fungsi yang sama seperti RAM komputer yakni untuk menyimpan banyak informasi saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Namun jika RAM Android penuh maka kinerja smartphone Android Anda akan melambat.

Ada beberapa saran agar smartphone tidak lambat yaitu dengan cara menghapus beberapa data atau file yang tidak diperlukan, bahkan menghapus aplikasi yang sudah tidak perlu. Setalah kita menghapus data tersebut namun tidak ada perubahan sama sekali, dan smartphone Android Anda tetap lambat. Mungkin salah satu tips dan trik ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kinerja smartphone Android yakni dengan menambah RAM Smartphone Android.

Untuk menambah RAM pada smartphone Androidmemerlukan beberapa tahap maupun langkah yang harus dilakukan. Adapun langkah–langkah untuk menambah RAM Smartphone Android simak selengkapnya daalam ullasan di bawah ini.

Lakukan konfigurasi pada Aplikasi Swapper

Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Swapper di Play Store dan Install aplikasi Swapper di smartphone Android yang akan ditambah RAM. Aplikasi Swapper berfungsi untuk menambah vitual memory dan memori ini yang akan membanti kinerja RAM (sebaiknya memori digunakan memiliki kemampuan Read/write tinggi). Setelah aplikasi di Install, tahap selanjutnya yakni melakukan konfigurasi dan panduan berikut :

Aktifkan opsi Active Swap on BootKemudian pada bagian Swap File Position, pilih opsi SD Card FAT PartitionDan untuk bagian Swap File Size, masukkan nilai yang akan digunakan untuk virtual memori, semisal 1000MBLalu simpan pengaturan

Lakukan konfigurasi pada Aplikasi SD Booster

Langkah kedua yakni menambah aplikasi SD Booster, aplikasi SD Booster sendiri merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD card guna membaca serta menuliskan data. Aplikasi SD Booster hampir mendukung semua jenis SD card, berjalan otomatis saat booting, tidak hanya meningkatkan memori internal tapi juga memori eksternal.

Menggunakan aplikasi SD Booster akan mempercepat aktifitas dilakukan seperti saat memainkan sebuah game, menjalankan aplikasi ataupun menata file.  Yang perlu dilakukan adalah meng-install aplikasi SD Booster dan lakukan konfigurasi, ikuti cara dibawah ini.

Pada kolom Cache Size (KB) isi dengan nilai, misal 2048 (adapun nilai yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048). Nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) adalah nilai yang digunakan saat ini.Setelah diaktifkan pilih Set On Boot, berfungsi untuk membuat nilai cache tidak kembali ke awal secara otomatis saat smartphone Android mengalami restart.

Tambahkan File Juwe RAM Script

Langkah ketiga yakni menambahkan file Juwe RAM Script yang berfungsi untuk mengatur RAM. Namun ada sebagian pengguna yang kesulitan saat memasukkan file Juwe RAM Script. Jika Anda adalah salah satunya, tidak perlu khawatir masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan men-download aplikasi RAM Manager Pro. Aplikasi RAM Manager Pro memiliki fungsi yang sama dengan Aplikasi Juwe RAM Script, hanya yang membedakan yakni user interface serta pengaturan-pengaturan pada RAM Manager Pro lebih lengkap. Berikut adalah cara memasukkan file Juwe RAM Script dan sekaligu menjadi tahapan terakhir dalam tips dancara menambah RAM Smartphone Android.

Pertama Anda harus men-dowload file Juwe RAM Script terlebih dahuluLangkah selanjutnya Ekstrak file tersebutKemudian pindahkan dile ke dalam direktori unit.D di folder System/etc.Selanutnya ubah pengaturan permission menjadi rwxr-xr-xDan kemudian restart smart AndroidSetelah langkah tersebut dijalankan sesuai petunjuk, seharusnya perangkat Android Anda akan memiliki kinerja lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week