Selasa, 14 April 2015

Membandingkan Aplikasi Pesan Taksi

GaplekNews - Aplikasi pemesanan taksi kini semakin diminati. Selain lebih aman dan dalam kondisi tertentu lebih cepat, pilihan pembayarannya pun bisa beragam (termasuk non tunai). Nah, berikut adalah perbandingan beberapa aplikasi pemesanan taksi di Indonesia yang telah dicoba. 

Grab Taksi
APLIKASI ini tidak berat saat dijalankan di smartphone. Proses set up data juga mudah. Ketika ingin memesan taksi, pengguna langsung diberikan tampilan navigasi untuk tempat dijemput dan tujuan. Pelanggan juga diberi informasi jumlah driver di lokasi ”pick up”, estimasi jarak, tempat tujuan, serta range yang harus dibayar. Pengguna aplikasi harus mengisi form registrasi terlebih dahulu. 

Cukup isi nama, nomor telepon, serta kode registrasi yang dikirim ke nomor kita. Setelah itu, pengguna bisa langsung melakukan konfirmasi booking yang diinginkan. Aplikasi akan terkoneksi dengan driver yang terdekat dengan jarak kita. Lama atau tidaknya driver datang, pelanggan akan diberikan laporan estimasi waktu kedatangan, bahkan keberadaan driver juga bisa kita lacak. Tentunya lama atau tidaknya kedatangan driver tergantung jumlah driver yang dekat dengan tempat kita dan kondisi jalan. 

Aplikasi Grab Taksi ini terintegrasi dengan taksi lokal, sehingga armadanya juga cukup terpercaya. Kekurangan dari aplikasi ini, kadangkala estimasi jarak tempuh dari tempat penjemputan dengan tempat tujuan tidak sama dengan realitanya. Estimasi sistem aplikasi mungkin memang digeneralisasi, tetapi kembali lagi kepada driver-nya. 

Banyak dari para driver yang memainkan jarak tempuh, dimana driver diam-diam memilih jalan yang agak jauh dari jarak yang biasanya dilewati dengan berbagai macam alasan, salah satunya ”macet”. Ini yang menyebabkan pengguna taksi bisa membayar lebih dari estimasi yang diinformasikan oleh aplikasi.

Bluebird Taksi
UNTUK pengguna pertama, tampilan yang muncul kali pertama adalah form registrasi. Pengguna diminta memasukan nomor telepon dan selanjutnya akan menerima nomor verifikasi ke nomor yang didaftarkan. Ternyata, nomor verifikasi yang dikirimkan server cukup lama, hingga 10 menit. 

Aplikasinya ringan. Proses order cukup mudah, ada form untuk memesan taksi melalui e-mail ataupun telepon. Taksi Bluebird akan datang kurang dari 3 menit setelah order melalui aplikasi ini. Pada aplikasi juga diberikan pilihan tipe taksi, regular, eksekutif, dan beberapa taksi premium. Ada juga fitur untuk menyimpan alamat berbeda. Aplikasi juga menyediakan form tambahan untuk memperjelas posisi pemesan taksi. 

Misalnya form Extra Addres juga Extra Guidance yang bisa diisi oleh pemesan taksi untuk memudahkan taksi datang tepat waktu. Aplikasi Bluebird juga terkoneksi ke GPS smartphone sehingga navigasinya lebih akurat. Pengguna juga bisa melakukan tracking untuk melacak posisi taksi yang kita pesan.

Express Taksi
BEGITU memakai, pengguna langsung disuguhkan form pendaftaran anggota. Isi nama, nomor telp, pin serta email. Mudah? Tunggu dulu, pengguna sering gagal ketika mendaftar, padahal paket data atau koneksi jaringan cukup baik pada saat itu dan bisa menjalankan aplikasi lain. 

Ketidaknyamanan ini memungkinkan pengguna aplikasi ini sering mengalami keluhan yang akhirnya memutuskan untuk berpindah ke aplikasi pesan taksi yang lain. Sungguh disayangkan. Meskipun aplikasi Express Taksi tidak dapat difungsikan dengan baik, tetap banyak driver Express Taksi yang menggunakan aplikasi pesan taksi lain untuk mendapatkan pelanggan. Dengan armada yang cukup banyak, Taksi Express hingga saat ini juga masih diminati pengguna taksi secara konvensional.

Uber Indonesia
APLIKASI Uber hanya melayani pembayaran lewat kartu kredit. Sehingga tidak ada transaksi uang tunai yang terjadi di mobil. Setelah mendaftar, kita harus mengisi nomor kartu kredit terlebih dahulu. Menggunakannya pun sangat mudah. Setelah membuka menu dan mengaktifkan GPS, maka akan langsung terlihat armada mobil warna hitam yang ada di sekitar lokasi kita. 

Selanjutnya, klik ”set pickup location”, serta pilih armada UberX atau UberBlack. UberX lebih murah dengan armada mobil seperti Toyota Avanza. Sedangkan UberBlack lebih mewah seperti Toyota Camry. Setelah di klik, akan terlihat nama driver, nomor telepon, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi pengguna. Agar driver mudah mengenali, pengguna bisa SMS untuk memastikan lokasi atau ciri khas. Misalnya “saya berbaju merah di depan EX,”. 

Uber Indonesia juga sering memberikan promosi untuk meningkatkan adopsi pengguna. Namun, kekurangan Uber adalah armadanya yang masih sangat terbatas. Sehingga di beberapa lokasi tidak tersedia, atau bahkan butuh waktu lama untuk sampai ke pick up location. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week