Rabu, 29 April 2015

Aplikasi Untuk Penderita Alzheimer Dari Samsung

GaplekNews - Alzheimer merupakan penyakit yang membuat para penderitanya kehilangan ingatan atau pikun. Tak ingin tinggal diam, Samsung pun merilis sebuah aplikasi yang dapat membantu pengidap Alzheimer agar bisa mengingat kembali hal-hal yang telah mereka lupakan. 

Aplikasi tersebut disebut Backup Memory. Cara kerjanya juga sederhana. Awalnya, pengguna yang bisa diwakilkan dengan orang terdekat misalnya sang anak, memasukkan foto-foto kenangan masa lalu si penderita Alzheimer. 

Setelah selesai memasukkan foto momen-momen yang dianggap penuh kenangan, maka aplikasi ini kemudian diinstal di ponsel pasien Alzheimer. Lewat Bluetooh, secara otomatis aplikasi yang ada di ponsel sang anak dan si penderita Alzheimer akan bisa saling tersinkron foto-fotonya. 


Backup Memory sendiri merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Samsung Electronic Tunisia dan Asossiasi Alzheimer Tunisia. Tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut adalah agar pengidap Alzheimer dapat menstimulasi ingatan. Namun, stimulasi ingatan ini hanya dapat membantu si pasien yang masih dalam tingkat rendah. 

"Kami sudah mencoba Backup Memory ke sejumlah penderita Alzheimer dan kami melihat hasil yang baik," kata Dr Meriam Labidi, salah satu dokter yang turut serta dalam pengembangan aplikasi Backup Memory. "Lewat stimulasi kognitif, penderita bisa mempertahankan ingatannya lebih dalam dan memperlambat efek kerusakan akibat Alzheimer." 

Sementara itu, Samsung masih terus mengembangkan aplikasi Backup Memory. Vendor asal Korea Selatan ini berencana menambahkan fitur berbasis GPS yang berfungsi untuk memberitahu lokasi penderita Alzheimer ke orang-orang terdekat apabila mereka tersesat di jalan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week