Sabtu, 28 Maret 2015

Periscope, Aplikasi Live Streaming Ala Twitter

GaplekNews Seiring dengan semakin membaiknya jaringan internet selular, layanan video streaming kian populer. YouTube menjadi situs video yang paling populer, namun memiliki kelemahan tidak mendukung live streaming atau siaran langsung dari ponsel, kecuali hanya di beberapa seri Sony Xperia. Peluang ini dimanfaatkan oleh startup seperti Ustream dan Meerkat untuk menggelar aplikasi live streaming di ponsel. Twitter rupanya juga melihat potensi ini sehingga pada Januari yang lalu mengakuisisi startup Periscope.

Menjelang penghujung Maret ini, situs microblog asal Amerika Serikat ini merilis aplikasi Periscope. Aplikasi live streaming tersebut saat ini baru tersedia untuk perangkat iOS saja, sedangkan versi Android masih dalam tahap pengembangan. “Mungkin terdengar gila, tapi kami ingin membangun teleportasi yang paling dekat teleportasi. Meskipun ada banyak cara untuk menemukan peristiwa dan tempat, kami menyadari tidak ada cara yang lebih baik untuk merasakan tempat yang terjadi saat itu juga selain melalui live video. Sebuah gambar bisa bernilai seribu kata, namun live video dapat membawa Anda ke suatu tempat dan menunjukkan suasana di sekitarnya,” tulis Periscope di blog Medium.

Sebagaimana Twitter, pengguna di Periscope bisa saling follow satu sama lain. Dan ketika ada pengguna di kontak yang sedang “on air”, maka secara otomatis akan muncul di notifikasi. Dengan kata lain, live broadcast ini bisa dibuat terbatas untuk kelompok terpilih saja diinginkan. Sebaliknya untuk yang lain, jika dirasa terlalu mengganggu, pengguna bisa menonaktifkan fitur notifikasi.

Pemirsa dapat mengirimkan komentar dan “like” dengan tanda hati seperti di Instagram untuk berinteraksi dengan penyiar. Anda juga dapat mengkonfigurasi aplikasi untuk men-tweet tautan web dari live streaming sehingga bisa diakses pengguna lain dari browser. Asyiknya lagi, penyiar (broadcaster) dapat membuat konten mereka tersedia untuk replay selama 24 jam setelah transmisi asli.

Aplikasi ini dioptimalkan untuk iPhone 5, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus dan membutuhkan iOS 7.1 atau yang lebih baru. Anda bisa mengunduhnya gratis dari Apple App Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week