Sabtu, 04 Oktober 2014

Bahaya Instal Aplikasi di Perangkat Mobile

GaplekNews - Smartphone dan tablet semakin banyak digunakan oleh masyarakat dunia sebagai perangkat wajib berkomunikasi. Namun, diam-diam perangkat itu ternyata bisa jadi celah bagi para peretas (hacker) untuk mencuri data pribadi penggunanya.

Celah itu hadir karena pengguna biasa memasukkan data pribadi ke berbagai layanan atau aplikasi yang diinstal di perangkat mobile miliknya. Bahkan, tak jarang mereka juga memasukkan data perusahaan sebagai file yang disimpan dalam aplikasi di handset-nya. 

Sadar ataupun tidak, para pengguna perangkat mobileyang menyimpan data memanfaatkan perangkatmobile miliknya sebenarnya tahu resiko pencurian data bisa saja terjadi. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tak tahu kalau aplikasi bisa membuat pencurian data yang disimpannya jadi jauh lebih mudah.

Sebuah aplikasi bernama Makkie Klauwe menjadi salah satu bukti provokatif bahwa data rahasia yang dimiliki pengguna perangkat bisa dengan mudah dicuri. Aplikasi itu sendiri dibuat oleh Bram Fritz, seorang mahasiswa yang memiliki pemikiran 'memprovokasi diskusi tentang peran data yang terbuka dalam masyarakat'.

Makkie Klauwe memperlihatkan sebenarnya perusahaan pembuat aplikasi bisa dengan mudahnya mengambil data pengguna untuk membuat peta lokasi penduduk berpendapatan tinggi, lampu jalan yang rusak atau wilayah bertingkat kejahatan rendah. Untungnya, seperti dilansir Ubergizmo, aplikasi tersebut tidak pernah dibuat secara terbuka untuk umum.

Meski begitu, berbagai aplikasi yang menunjukkan fungsi untuk memudahkan pengguna gadget tak selalu aman. Terlebih lagi data yang disimpan perusahaan pembuat aplikasinya bisa saja dengan mudah dimanfaatkan sebagai 'ladang emas' yang menguntungkan perusahaan walaupun harus melanggar privasi pemilik data.

Jadi, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menyimpan data di perangkat mobile maupun aplikasi yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan data. Bagaimanapun, data yang dibagi bak pisau bermata dua, mungkin menguntungkan atau merugikan penggunanya.

Kami hadir di bbm channel add pin C00139A5D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaplek Populer Week